MAKASSAR, NALARMEDIA – Pegadaian Kanwil VI Makassar mencatat porsi nasabah genera Z (Gen Z) sebanyak 30% dari total nasabah yang ada.
Jumlah ini terus mengalami peningkatan terutama hadirnya berbagai kegiatan dan program khusus generasi Z.
Menurut Kepala Departemen Business Support Kanwil VI Pegadaian, Iwan Darmawan, 30% nasabah gen Z menggunakan layanan gadai di pegadaian.
“Layanan yang banyak digunakan generasi Z di pegadaian adalah layanan gadai. Saat ini, masyarakat gen Z sudah mulai melek pegadaian. Target kita dengan populasi Gen Z yang sangat banyak masih bisa ditingkat,”tandas .
Salah satu kegiatan yang dihadirkan Pegadaian untuk menggaet gen Z adalah Festival Generasi Emas Pegadaian yang digelar 11-13 Oktober 2024.
“Dalam kegiatan ini kita menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti school competition, Talkshow literasi keuangan, KPop dance competition, fun games dan masih banyak lagi. Kita juga hadirkan outlet bagi yang ingin melakukan pembelian emas,” jelas Iwan.
“Pada kegiatan ini kita fokus lebih pada edukasi dan mengajak milenial menjadi pengguna pegadaian digital servis. Namun kita hadirkan juga produk khusus gen Z seperti membuka tabungan emas hanya Rp10 ribu sehingga Gen Z isa berinvestasi dengan sangat mudah,” tandasnya.
Selain itu, ada pula program khusus yang ditawarkan bagi yang ingin mencicil kendaraan menggunakan pembina dari Pegadaian. “Kami ada program amanah dimana masyarakat yang bisa mengambil kendaraan dengan pembiayaan pegadaian, namun tenang, kita menggunakan akad syariah.,” tandasnya.
Terakhir Iwan berharap dengan hadirnya kegiatan ini gen Z bisa memahami dan mengenal tentang keuangan secara baik. (Adv)