Dukung Pengembangan Wisata Bahari, Poltekpar Makassar Selenggarakan International Conference

banner 325x300

MAKASSAR, NALARMEDIA — Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar hadirkan akademisi dan praktisi terkemuka, tidak hanya dalam negeri juga dari berbagai negara dalam International Conference bertajuk “Marine Tourism and Hospitality Studies (IConMTHS)” di Hotel The Rinra, Makassar, Minggu (13/10/2024).

Adapun pembicara internasional yang turut dihadirkan dalam event bergengsi tersebut, Prof. Noel Scott, Ph.D. dari Edith Cowan University dan University of the Sunshine Coast, Australia; Prof. Amir Mahmood.

banner 728x90

Professor of Economics and International Business dari Western Sydney University; Prof. Mohd Hafiz Mohd Hanafiah dari Universiti Teknologi MARA, Malaysia; Prof. Diena Mutiara Lemy dari Universitas Pelita Harapan, Indonesia.

Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja mengatakan tujuan utama dari acara yang bertaraf internasional tersebut tidak lain untuk mendukung

pengembangan pariwisata bahari di Indonesia melalui kajian isu-isu seputar pariwisata bahari dan hospitality studies.

“Indonesia kan dikenal sebagai Archipelago dengan kekayaan baharinya. Maka harus dikelola dengan baik,” tandas Herry.

Juga melalui kegiatan ini, diharapkan bagaimana mengelola dengan baik, tentu akademisi dan praktisi berkumpul, menuangkan ide-idenya dalam bentuk paper yang akan dipublikasikan di jurnal lokal, Indonesia, dan luar negeri, scopus.

Sementara Kepala LP3M Poltekpar Makassar, Ilham Junaid menyebutkan dari empat pembicara yang dihadirkan dapat memberikan  ide-ide dan gagasan segar yang relevan dengan pengembangan pariwisata bahari.

“Mereka juga akan berbagi pengetahuan dengan peserta konferensi mengenai berbagai isu dan solusi yang ditawarkan dalam membangun sektor ini, khususnya di Indonesia,” ujar Ilham.

Ia berharap dengan pelaksanaan konferensi ini untuk mencapai tujuan Poltekpar Makassar sebagai center of excellence wisata bahari sleanjutnya menjadi pusat kajian pariwisata bahari di indonesia bahkan kalau perlu di dunia.

Ia mengatakan Poltekpar Makassar telah memiliki pengalaman panjang dalam menyelenggarakan konferensi internasional yang berfokus pada pariwisata bahari.

“Tahun ini konferensi semakin ditingkatkan dengan mengundang akademisi dari berbagai negara,” tegas Ilham.

Ilham menyebutkan tahun ini, pihaknya maksimalkan penyelenggaraan konfrensi internasional yang selama ini telah beberapa kali diselenggarakan Poltekpar Makassar, terbukti kita mendapatkan 65 judul penelitian yang akan memaparkan hasil penelitian mereka yang berkaitan dengan marine tourism dan hospitality studies.

“Penelitian-penelitian yang dipresentasikan mencakup beragam topik, termasuk beberapa dari tim peneliti Poltekpar Makassar sendiri yang fokus pada kajian pariwisata bahari di Sulawesi Selatan,” ungkapnya. (aca/nlr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *