Akbid Persada Wajo Resmi Bergabung ke Unismuh Makassar

banner 325x300

MAKASSAR, NALARMEDIA – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Akademi Kebidanan (Akbid) Persada Wajo resmi menandatangani berita acara penyatuan institusi, pada Rabu, 23 Oktober 2024. Acara berlangsung di Ruang Rektor, Lantai 17 Gedung Iqra Unismuh Makassar, dihadiri oleh pimpinan kedua institusi.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Rektor Unismuh, Dr. Ir. Abd Rakhim Nanda, ST., MT., IPU, dan Ketua Yayasan Wahana Bakti Persada, Muh. Amin S., S.Sit., M.Pd sebagai pemilik Akbid Persada Wajo. Langkah ini menandai babak baru dalam pengembangan pendidikan dan layanan kesehatan Unismuh Makassar.

banner 728x90

Rektor Unismuh Abd Rakhim Nanda menegaskan bahwa proses penyatuan ini akan membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut, termasuk rencana pendirian Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Wajo.

Selain rencana pembukaan PSDKU, prodi Kebidanan di Akbid Persada Wajo akan sepenuhnya bergabung di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar. Ini akan memperkuat layanan akademik dan kualitas pendidikan kesehatan di lingkungan Unismuh.

Sejalan dengan proses integrasi ini, seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa dari Akbid Persada Wajo akan menjadi bagian dari Unismuh Makassar. Tercatat terdapat 6 dosen tetap, 3 tenaga kependidikan, dan 29 mahasiswa yang kini berada di bawah naungan Unismuh. Selain itu, seluruh aset dan fasilitas kampus di Wajo juga telah resmi menjadi aset Unismuh.

Wakil Rektor II Unismuh, Prof Andi Sukri Syamsuri menyampaikan harapannya agar kolaborasi ini dapat memperkuat komitmen Unismuh dalam memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan dan kesehatan di Sulawesi Selatan.

“Insya Allah, langkah ini akan memperluas cakupan layanan pendidikan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Proses penyatuan ini turut dihadiri Pimpinan Unismuh lainnya, seperti Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUKS), Sahabuddin Nanda MM, Kabag Anggaran Dr Ismail Badollahi, dan Kabag Verifikasi Muhammad Yamin ST.

Dengan adanya kesepakatan ini, Unismuh Makassar siap melangkah lebih jauh dalam mengembangkan akses pendidikan tinggi dengan membangun PSDKU dan memperkuat keunggulan program kesehatan di daerah-daerah. (rls/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *