MAKASSAR, NALARMEDIA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tidak main-main menyambut momen Lebaran dalam menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Salah satu langkah yang dilakukan Indosat, yakni menyiagakan 2 ribu petugas teknis di lapangan.
Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran.
Bahkan Indosat melakukan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).
Langkah Indosat ini sebagai wujud optimalisasi jaringan di 531 titik.
Itu dilakukan demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, mewakili seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison, mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas.
Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa.
“Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi,” ungkap Vikram Sinha.
Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia.
Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024.
Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung.
Di wilayah Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) diperkirakan terjadi peningkatan trafik data hingga 12 persen dengan lonjakan tertinggi berada di area Banjarmasin, Sampit, Sintang, Gowa, Parepare dan Palu.
Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian.
Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita.
Untuk wilayah Kalimantan, Indosat melakukan optimalisasi jaringan diantaranya di jalur tol Samarinda – Balikpapan serta jalur non tol Banjarmasin – Martapura dan Pontianak – Singkawang.
Sedangkan di wilayah Sulawesi, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Bandara Hasanuddin – Makassar dan Manado – Bitung serta jalur non tol Bandara Hasanuddin – Maros dan Makassar – Parepare.
Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun.
Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.
Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7. (rls/red)