Daftar Enam Birokrat Layak Dampingi Andi Rio Padjalangi di Pilkada Bone

Deretan figur birokrat yang dinilai layak mendampingi Balon bupati Andi Rio Idris Padjalangi maju Pilkada Bone 2024. (ist)
banner 325x300

BONE, NALARMEDIA — Andi Rio Idris Padjalangi berpotensi maju di Pilkada Bone 2024. Modalnya, mengantongi surat tugas Partai Golkar.

Apalagi Andi Rio Padjalangi menjadi satu-satunya kader partai yang diketuai Airlangga Hartarto memiliki surat tugas.

banner 728x90

Menyikapi hal itu, Ketua Kepemudaan DPD Partai Golkar Bone, Sofyan Syamsuniar, optimis kader Golkar Andi Rio Padjalangi akan maju berkontestasi.

Mengenai sosok pendamping Andi Rio Padjalangi, kata Sofyan, idealnya berasal dari unsur birokrat.

Sofyan melanjutkan, ada enam bakal calon wakil bupati Bone yang layak mendampingi Andi Rio maju di Pilkada Bone 2024.

“Ada Andi Syamsiar Halid,  Andi Islamuddin, Andi Promal Pawi, Andi Fajaruddin, Andi Ikhwan Burhanuddin, dan Andi Muhammad Iqbal Walinono,” ungkap Sofyan, kepada Nalarmedia, Kamis (25 Juli 2024).

“Kombinasi politisi dan birokrat mumpuni dapat menghasilkan kinerja pemerintah yang lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan program-programnya,” ungkap Sofyan.

Sementara itu, Tim Nalarmedia.id mengumpulkan informasi terkait masing-masing birokrat tersebut, sebagai berikut:

1. Hj. A. Syamsiar Halid, S.Sos., M.Si

Merupakan mantan Kadis Pendidikan Bone. Semasa menjadi ASN, sejumlah jabatan penting sempat didudukinya, termasuk menjabat sebagai camat.

Hj Andi Syamsiar merupakan adik kandung Waketum DPP Partai Golkar, Prof Nurdin Halid juga dikenal aktif dalam organisasi keumatan. Kinj menjabat sebagai Ketua Muslimat NU Bone.

Andi Syamsiar menjadi satu-satunya Balon perempuan yang serius maju berkontestasi dalam pemilihan calon kepala daerah Bone 2024.

Potensi mendulang suara dari Kaum Hawa terbuka lebar. Dimana Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bone untuk Pemilu 2024 mendatang sebanyak 587.777 orang. Sebanyak 281.448 di antaranya merupakan pemilih laki-laki dan 306.329 pemilih perempuan.

Andi Syamsiar Halid memiliki modal penting lainnya, yakni buah hati, Rismono Sarlim yang juga menjadi Caleg Golkar terpilih DPRD Bone periode 2024-2029 untuk Dapil Bone 1 meliputi Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, Tanete Riattang Barat, dan Palakka dengan mandulang 4.743 suara.

Bukan hanya itu, Andi Syamsiar Halid merupakan besan dari mantan wakil bupati Bone dua periode, Ambo Dalle.

2. Drs. H. Andi Islamuddin, M.H.

Sosok birokrat senior Pemda Bone yang pernah menjabat sebagai Camat Ajangale dan Camat Tanete Riattang. Kini menjabat posisi strategis, Pj Bupati Bone.

Jabatan definitif yakni, Sekda Kabupaten Bone. Andi Islamuddin juga pernah menduduki jabatan Kepala BKPSDM, Kepala Inspektorat.

Andi Islamuddin juga memiliki adik kandung yang menjabat sebagai Anggota DPRD Bone sekaligus Caleg terpilih periode 2024-2029 Dapil Bone 5, Andi Akhiruddin.

Andi Akhiruddin meraih 6.533 suara di Dapil Bone 5 meliputi Kecamatan Ajangale, Dua Boccoe, Tellu Siattinge, Cenrana, dan Awangpone.

Bukan hanya itu, anak Andi Islamuddin, Andi Tenri Abeng Salangketo juga menjadi Caleg terpilih DPRD Sulsel 2024-2029 Dapil Sulsel 7 dengan meraih 51.288 suara pada Pileg 2024.

3. H.A.Promal Pawi, S.T., M.Si.

Figur birokrat yang mudah bergaul. Makanya sempat menduduki posisi Kabag Humas Pemda Bone. Bahkan Andi Promal Pawi pernah merasakan atmosfer Pilkada Bone saat maju pada kontestasi 2013.

Pada saat itu, Andi Promal Pawi menjadi calon wakil bupati Bone dari pasangan Andi Taufan Tiro.

Maka tidak heran, momentum 2024, namanya kembali dikait-kaitkan. Apalagi Andi Promal punya modal sosial berupa menjabat sebagai Sekcam Amali, Camat Tellu Siattinge, dan Camat Tanete Riattang dikenal sebagai birokrat yang merakyat tanpa sekat.

4. Drs. A. Fajaruddin, M.M.

Nama birokrat yang sudah tidak asing lagi. Birokrat yang beken dengan panggilan Andi Ancha ini terkenal di kalangan tenaga pengajar.

Maka tidak heran, muncul tagline “Sahabat Pendidik” yang mendorong Andi Fajaruddin maju di Pilkada Bone 2024.

Seiring jabatan yang diembannya sebagai Kadis Pendidikan Kabupaten Bone.

Tidak hanya itu, Andi Ancha juga pernah menjabat sebagai Sekwilcam Kahu dan Libureng. Lalu mendapat posisi Camat Salomekko. Kemampuan mengelola keuangan daerah yang dimiliki Andi Ancha tidak lepas dari amanah yang sempat diemban sebagai Kepala BKAD Bone hingga mengantar Bone meraih WTP.

5. A. Ikhwan Burhanuddin, S.H., M.Si.

Mantan birokrat senior Pemda Bone yang kini menikmati hidup menjadi pengusaha ternak.

Semasa menjadi ASN, sederet posisi strategis lingkup Pemda Bone sempat diemban Andi Ikhwan, yakni Kadis Pariwisata, Kadis Perkimtan, Asisten II, hingga Staf Ahli Bupati Bone.

Maka tidak heran, nama Andi Ikhwan tidak asing di tengah-tengah masyarakat. Lantaran dikenal sebagai sosok pekerja ulet dan punya banyak gagasan ide.

Namanya , kian diperhitungkan setelah sang buah hati, Andi Yusuf Nuryawan menjadi Caleg Gerindra terpilih DPRD Bone periode 2024-2029 Dapil Bone 1 dengan meraih 5.606 suara.

6. Dr A. Muhammad Iqbal Walinono, S.E , M.Si., CFRM

Birokrat milenial yang menduduki jabatan sebagai Camat Tanete Riattang Timur ini dikenal sebagai sosok pribadi pekerja dan rela berkorban.

Andi Iqbal memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang dibuktikan pula dengan menyandang gelar Doktor Ekonomi.

Figur mau belajar ada pada diri Andi Iqbal, terbukti ASN yang pernah menduduki Kabid Anggaran BKAD Bone ini sementara mengikuti Pendidikan Profesi Kepamongprajaan di IPDN dan Magister Ilmu Hukum di UMI.

Sosok Andi Iqbal begitu dekat dengan masyarakat, lantaran birokrat yang sering membuat terobosan dalam rangka pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di wilayah tugasnya.

Dengan usianya yang masih muda ini menjadikan Andi Iqbal memiliki kans besar menggaet pemilih pemula.

Berdasarkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bone pada Pemilu 2024 sebanyak 587.777 pemilih.

Pemilih di Kabupaten Bone tersebar ke 372 desa/kelurahan. Dimana total ada 27 kecamatan.

Jumlah pemilih milenial terbilang terbanyak kedua di Kabupaten Bone.

Pemilih terbanyak, yakni gen x atau berada pada usia 40 hingga 55 tahun sebanyak 171.186 pemilih.

Lalu, pemilih gen Z atau berusia 17 hingga 24 tahun sebanyak 123.672 pemilih.

Sedangkan pemilih baby boomer atau berusia 56 tahun hingga 76 tahun sebanyak 108.315 pemilih.

Kemudian pemilih pre boomer atau berusia lebih dari 76 tahun sebanyak 17.188 pemilih.

Melihat persebaran pemilih berdasarkan generasi di Kabupaten Bone, pemilih milenial memiliki andil dan peran besar dalam menentukan sosok kepala daerah ke depannya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *