Ujian Pengaruh Andi Fahsar – Ambo Dalle Menggalang Dukungan Tafa’dal di Pilkada Bone

Arah dukungan pasangan Tafa'dal, yakni mantan bupati dan wakil bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi - Ambo Dalle di Pilkada Bone 2024, terbelah. (dok.)
banner 325x300

BONE, NALARMEDIA — Arah dukungan pasangan Tafa’dal, yakni mantan bupati dan wakil bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi – Ambo Dalle di Pilkada Bone 2024, terbelah.

Pasalnya, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi total mendukung pasangan Andi Rio Idris Padjalangi – Amir Mahmud atau yang beken dengan tagline Sipakariomi.

banner 728x90

Sedangkan Ambo Dalle memberikan dukungan kepada pasangan Andi Asman Sulaiman – Andi Akmal Pasluddin atau yang familiar dengan tagline Beramal.

Pengamat Politik, Dr. Aksi Hamzah, S.E., M.Si menjelaskan, Tafa’dal direpresentasikan sebagai basis suara Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dan Ambo Dalle.

“Kalau mengacu dengan pernyataan ini maka bisa dikatakan bahwa dukungan Tafa’dal telah terbelah kepada dua tokoh tersebut,” tutur Aksi kepada Nalarmedia, Kamis (19 September 2024).

“Pertanyaan berikutnya siapa yang memiliki kemampuan memobilisasi basis suara Tafa’dal diantara dua tokoh tersebut. Tentu kita sepakat bahwa kemampuan mobilisasi keduanya tidak diragukan namun dalam hal ini Puang Baso masih berstatus sebagai ketua partai,” sambung pria satu cucu ini.

Dengan status ketua partai tersebut, kata lelaki yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Bone ini, Andi Fahsar memiliki mesin yang bisa digerakkan, sementara Ambo Dalle lepas dari keterikatan partai namun tidak bisa diabaikan karena masih memimpin organisasi yang cukup besar pengaruhnya yaitu PGRI dan Palang Merah.

“Namun demikian perlu diingat bahwa dinamika politik dalam Pilkada sangat dinamis, banyak unsur dan elemen yang turut mempengaruhi dukungan pemilih. Bukan hanya keterikatan organisasi dan kelembagaan, tetapi ada juga keterikatan emosional dan sebagainya,” ucap Aksi Hamzah yang juga mantan ketua KPU kabupaten Bone. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *