MENURUT Achievement Consulting (2017) tugas pemimpin itu ada empat.
Pertama, mengelola diri sendiri (manage oneself). Agar dapat memimpin diri sendiri seorang pemimpin harus bersifat shiddiq yang artinya benar.
Orang yang benar memiliki dua ciri yaitu iman dan integritas. Jika pemimpin punya iman maka ada rasa takut kepada Allah.
Dampaknya dia tidak akan melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan jabatan.
Ciri kedua yaitu integritas. Ada dua tanda orang yang berintegritas yaitu suci dan sesuai. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Juga kesesuaian antara pikiran, perkataan dan perbuatan.
Apa yang dijanjikan akan ditunaikan. Apa yang dikatakan sesuai kenyataan. Pemimpin yang punya integritas akan jujur dan adil dalam memimpin.
Tugas kedua dari pemimpin yaitu berfikir. Untuk itu pemimpin hendaknya fathonah yang artinya pintar atau cerdas.
Pemimpin yang pintar akan berpikir dengan tepat, cepat dan cermat. Ada dua keterampilan berpikir yang harus kuat yaitu problem solving dan decision making.
Pemimpin pasti menghadapi banyak masalah. Untuk itu harus dapat berpikir kritis, kreatif, analitis, dan sintesis untuk mencari solusi yang tepat.
Setelah itu harus mengambil keputusan. Menimbang mana yang terbaik dari berbagai pilihan. Pemimpin harus mampu melakukan optimasi dan mitigasi dampak dari keputusan yang akan diambil.
Tugas ketiga dari pemimpin yaitu mengelola pekerjaan (manage task).
Pemimpin harus bersifat amanah agar tugas tuntas dan kelar. Ada dua kompetensi dalam mengelola tugas yaitu business acumen dan strategic execution.
Business acumen yaitu paham dan menguasai bidang kerjanya. Tahu bisnis proses dan lika liku bidang tugasnya. Strategic execution terkait kemampuan mengeksekusi apa yang direncanakan.
Keberhasilan akan diraih jika rencana yang disusun dijalankan secara efektif dan efisien.
Tugas keempat dari pemimpin yaitu mengelola tim (manage people). Pemimpin harus bersifat tabligh. Social skill-nya bagus, mentalnya tegar dalam menghadapi orang lain.
Ada dua kompetensi agar dapat mengelola tim dengan baik yaitu communication and team building.
Komunikasi yaitu mampu menyampaikan ide, perintah, negosiasi, dan mediasi dengan baik. Kemampuan kedua yaitu team building. Mampu membangun tim yang kompak, sinergi, senasib sepenanggungan, bahu membahu dalam bekerja.
Semoga kita semua yang mendapat amanah sebagai pemimpin dapat menjalankan tugas dengan baik. Mampu mengelola diri sendiri, berpikir, mengelola pekerjaan, dan mengelola tim.
Tugas akan mudah dijalankan jika pemimpin bersifat benar, pintar, kelar dan tegar.
Benar karena punya iman dan integritas. Pintar karena dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan tepat, cepat dan cermat.
Kelar karena paham lika liku pekerjaan dan dapat mengeksekusinya. Tegar karena mampu komunikasi dan membangun tim dengan baik. (Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, ST., M.Pd.)