banner 728x90

Honda Edukasi Jagoan Safety Riding, Berkendara Aman Jadi Prioritas

PT Astra Honda Motor (AHM) tidak sekadar fokus pada bisnis semata. Namun, komitmen terhadap edukasi berkendara aman juga jadi prioritas. (Asmo)
banner 325x300

JAKARTA, NALARMEDIA – PT Astra Honda Motor (AHM) tidak sekadar fokus pada bisnis semata. Namun, komitmen terhadap edukasi berkendara aman juga jadi prioritas.

Hal itu ditunjukkan Honda dengan mengembangkan instruktur dan advisor keselamatan berkendara. Tidak hanya cakap mengendarai, tetapi juga piawai dalam mengedukasi.

banner 728x90

Melalui gelaran The 16th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2025, para agen perubahan di jalan raya ini mengadu kompetensi dan keterampilan untuk menjadi tutor yang mumpuni guna mewujudkan budaya keselamatan berkendara yang aman, nyaman dan dapat memberikan kesenangan di masyarakat.

Berlangsung di fasilitas safety riding sepeda motor Honda terbesar di Asia Tenggara yakni Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, para instruktur diuji keterampilan berkendaranya dan kemampuannya dalam mengedukasi keselamatan berkendara yang efektif untuk peningkatan kesadaran atas prediksi bahaya di jalan raya.

Acara ini berlangsung mulai 15-18 Juni 2025.

Kompetisi ini terbagi menjadi 9 kategori yaitu Instruktur Kelas Big Bike, Instruktur Kelas Sport, Instruktur Kelas Skutik, Advisor Dealer, Advisor Komunitas Kelas Sport, Advisor Komunitas Kelas Skutik, Grup Instruktur Main Dealer Honda, Grup Safety Riding Center Main Dealer Honda, dan Safety Riding Innovation.

Sebelum mencapai level nasional, para peserta AHSRIC 2025 telah melewati seleksi regional yang melibatkan 120 instruktur safety riding, 2.690 advisor safety riding dari dealer Honda, dan 916 advisor dari komunitas Honda di seluruh Indonesia.

Dari tahap regional ini, terpilih 197 peserta untuk bersaing di kompetisi nasional yang terdiri dari 18 instruktur kelas big bike, 53 instruktur kelas sport, 14 instruktur kelas skutik, kemudian 28 peserta dealer advisor, community advisor sport 56 peserta, dan community advisor AT 28 peserta.

Selain itu para peserta juga akan bertanding dalam kategori grup instruktur grup main dealer dan grup instruktur Safety Riding Center.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, menegaskan bahwa kompetisi AHSRIC merupakan bentuk komitmen besar AHM dalam meningkatkan kemampuan instruktur safety riding Honda.

Kehadiran line up sepeda motor Honda yang semakin beragam menjadi tantangan tersendiri dalam mengkampanyekan budaya keselamatan berkendara yang efektif dan menyenangkan.

“Kami ingin terus berperan aktif dalam menciptakan budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan, sehingga upaya mengalibrasi kompetensi para instruktur safety riding Honda di seluruh Indonesia pun hadir melalui AHSRIC yang dilakukan secara reguler sejak tahun 2009.

Keterlibatan Advisor dealer dan komunitas yang turut kami uji dalam ajang ini pun memperteguh semangat kami membentuk ekosistem yang kuat pada dunia keselamatan berkendara,” ujar Andy.

Komitmen Berkelanjutan

Upaya menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan telah lama dijalankan AHM bersama jaringan main dealer seluruh Indonesia.

Selama lebih dari dua dekade terakhir, AHM Bersama jaringannya secara konsisten aktif menggelar lebih dari 34.000 pelatihan keselamatan berkendara yang melibatkan lebih dari 3.3 juta peserta.

Edukasi ini pun didukung oleh Honda Riding Trainer (HRT) yang tersedia di seluruh Indonesia dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 26,6 juta individu.

Dalam upaya meningkatkan edukasi keselamatan berkendara, AHM bersama jaringan main dealernya juga mengembangkan 9 Safety Riding Center Honda di berbagai daerah di Indonesia, serta memiliki AHM Safety Riding Park sebagai pusat pelatihan terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Fasilitas ini tidak hanya digunakan oleh para peserta kompetisi, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan berkendara.

Di lain sisi, AHM juga telah mengemas kegiatan keselamatan berkendara dengan tagline #Cari_Aman sejak tahun 2017, sebagai upaya meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara terutama di kalangan generasi muda.

AHM percaya bahwa keselamatan dalam berkendara dapat memberikan dampak yang menyenangkan untuk masyarakat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *