WAJO, NALARMEDIA — Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan komitmen memastikan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan kesehatan yang berkualitas.
Langkah ini diwujudkan melalui peningkatan mutu pelayanan, kemudahan akses, serta suasana pelayanan yang nyaman di setiap Kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.
Ikral Hermawati Dahlan (42), seorang tenaga honorer yang bekerja di Kantor Kelurahan Siwa, Kabupaten Wajo, menjadi salah satu peserta JKN yang merasakan langsung kemudahan tersebut.
Ia datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk menambahkan anaknya sebagai peserta JKN dan mengaku kagum dengan pelayanan yang diberikan.
“Saya datang untuk menambahkan anak saya dalam Kepesertaan BPJS Kesehatan, dan prosesnya sangat mudah serta cepat. Petugas di sini melayani dengan ramah dan sigap,” tutur Hermawati dengan senyum.
Ia menambahkan bahwa menurut Hermawati, sejak pertama kali datang, dirinya langsung merasa nyaman karena suasana kantor yang sejuk dan tertata rapi.
Ditambah sambutan hangat oleh petugas keamanan menunjukkan kualitas layanan BPJS Kesehatan.
“Selain cepat, saya juga merasa petugasnya sangat komunikatif. Semua dijelaskan dengan rinci, mulai dari syarat administrasi sampai proses penambahan anggota keluarga,” ujarnya menambahkan.
Tidak hanya kali ini Hermawati merasakan manfaat dari program JKN. Ia mengungkapkan bahwa sejak masih bernama PT Askes, dirinya telah menjadi peserta dan selalu mendapatkan pelayanan yang baik.
Baginya, perubahan nama menjadi BPJS Kesehatan tidak mengubah kualitas pelayanan, justru semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan.
“Saya sudah ikut sejak zaman Askes dulu. Alhamdulillah, sejak itu sampai sekarang pelayanan selalu baik. Saya tidak pernah merasa dipersulit, baik di puskesmas maupun di rumah sakit,” ucapnya.
Hermawati juga berbagi pengalaman pribadinya ketika menggunakan layanan JKN untuk kebutuhan medis.
Ia mengingat betul saat melahirkan anak terakhir, pelayanan yang diterimanya di rumah sakit sangat baik, mulai dari tenaga medis hingga administrasi.
“Waktu saya melahirkan, semua prosesnya berjalan lancar. Dokter dan perawatnya sangat perhatian dan ramah. Saya tidak merasa ada perbedaan perlakukan baik antara pasien JKN dan umum,” kenangnya.
Selain itu Hermawati juga menyampaikan bahwa ia dirawat di rumah sakit karena asma saat hamil anak terakhir.
Saat itu, seluruh pelayanan terasa sangat lancar tanpa hambatan dan tidak ada tambahan biaya.
“Dokternya datang cepat, perawatnya juga tanggap. Semua membantu tanpa membedakan peserta umum atau JKN. Saya merasa benar-benar dilindungi dan diperhatikan,” tambahnya.
Hermawati mengaku sangat bersyukur dengan adanya Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.
Menurutnya, program ini menjadi bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat agar tidak khawatir dengan biaya saat membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Saya sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan karena telah mendorong pelayanan kesehatan menjadi lebih berkualitas melalui program JKN. Program ini sangat membantu, terutama bagi masyarakat seperti saya yang bekerja sebagai tenaga honorer. Saya berharap BPJS Kesehatan terus menjaga layanan agar masyarakat dapat terus merasakan manfaatnya,” ujar Hermawati.
Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh peserta JKN.
Ia menegaskan bahwa kepuasan peserta menjadi prioritas utama.
“Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi peserta. Saat ini, berbagai kanal layanan sudah disediakan, baik tatap muka di kantor cabang maupun non tatap muka melalui aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Care Center 165, dana beberapa layanan tatap muka lainnya disediakan untuk memudahkan jangkauan layanan,” jelas Indira.
Indira menambahkan bahwa kenyamanan peserta dalam mengakses layanan menjadi indikator penting dalam evaluasi kinerja BPJS Kesehatan.
Oleh karena itu, setiap pegawai dituntut untuk melayani dengan ramah dan profesional, dan berorientasi pada kepuasan peserta.
“Pelayanan yang mudah, cepat, dan setara merupakan komitmen dan acuan kami agar untuk memberikan perlindungan kesehatan yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya. (ADV)















