MAKASSAR, NALARMEDIA – Makassar Culinary Night (MCN), salah satu agenda unggulan dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata, kembali hadir meriah.
Tahun ini, menjadi sangat istimewa karena MCN merayakan satu dekade keberhasilannya mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Kota Makassar.
Mengusung tema “Rasa Rumah – 10 Tahun 10 Cerita”, MCN 2025 akan digelar pada 25–27 April 2025 di Monumen Mandala, lokasi ikonik yang telah menjadi rumah bagi event ini sejak awal.
Pengunjung diajak untuk bernostalgia dan merayakan perjalanan panjang MCN dalam menghadirkan pengalaman kuliner khas Makassar.
Founder MCN, Mistrianie Andi Muin, mengatakan, “Kami akan selalu memastikan Makassar Culinary Night memiliki lokasi strategis dan berkarakter. Monumen Mandala memberikan identitas yang kuat bagi MCN sebagai bagian dari wajah kota Makassar.”
Dukungan penuh juga datang dari Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem, menyebut MCN sebagai event kuliner yang memberi kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi kota.
MCN 2025 akan menghadirkan 90 tenant makanan dan minuman hasil kurasi ketat dari ratusan pendaftar. Tak hanya kuliner, berbagai aktivitas menarik juga dihadirkan, seperti personal color analysis, vision board, emotional painting, manual brew, perfume workshop, kids activity, hingga magic hour storytime.
Yang paling dinantikan, peluncuran jingle baru MCN menjadi momen spesial dalam perayaan 10 tahun penyelenggaraan.
MCN juga tetap mengusung kampanye ramah lingkungan dengan mengimbau tenant menggunakan kemasan alami atau mudah terurai seperti daun, bambu, dan kertas.
Tak ketinggalan, Astra Motor Sulsel melalui brand Honda, kembali menjadi sponsor utama. “Bergabungnya Honda dalam MCN merupakan bentuk dukungan kami terhadap daya tarik kuliner Makassar yang menjadi kebanggaan Indonesia,” ungkap Moh. Arif Reda, Marketing Communication Astra Motor Sulsel.
Kolaborasi musisi lokal turut menyemarakkan acara, dengan penampilan dari Voice Kids by Uya & Ati, Fandy WD, Teman Bermain, The Joeys, Dakochank, dan Rizcky de Keizer.
Untuk mendukung kenyamanan transaksi, MCN bekerja sama dengan Bank BPD Sulselbar menghadirkan layanan pembayaran non-tunai melalui QRIS.
Event ini juga didukung oleh berbagai sponsor dan mitra, termasuk Inticreative, Grab, Teh Botol Sosro, Prima, Telkomsel, Prima Vision, Liad, Amsterdam Photography, Studio Sora, PaintUR Feeling, Beautiful Scents, Bee Kids, Tavi, dan Lagom.
MCN menargetkan 40.000 pengunjung dengan estimasi transaksi sebesar Rp2 miliar, menjadikannya salah satu ajang kuliner terbesar di kawasan timur Indonesia. (rls/red)