Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Company Visit ke iNews Makassar

banner 325x300

MAKASSAR, NALARMEDIA — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kegiatan company visit ke kantor iNews Makassar. Kunjungan ini untuk menambah wawasan mahasiswa terkait tahapan-tahapan produksi siaran TV.

Rombongan mahasiswa Prodi Ilkom UMI diterima secara langsung oleh Manager Sales Marketing iNews Makassar, Haryuna Rahman. Company visit ini sebagai salah satu bentuk kuliah lapangan untuk mata kuliah Investigatif Reporting.

banner 728x90

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMI Taufik Hasyim yang mendampingi para mahasiswa menuturkan kunjungan ke iNews Makassar ini bertujuan agar mahasiswa bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru secara langsung terkait proses produksi program berita di televisi.

“Mahasiswa bisa belajar bagaimana tahapan-tahapan produksi berita di televisi secara langsung. Mulai dai pra-produksi, produksi hingga post-production atau pasca-produksi. Termasuk melihat bagaimana prosesnya secara langsung di studio mini iNews Makassar,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (22/5/2024).

“Termasuk bagaimana ketika reporter harus live atau menyiarkan secara langsung dari lokasi. Juga bagaimana persiapan yang harus dilakukan ketika menjadi presenter program berita atau news anchor di studio,” sambungnya.

Taufik menambahkan, kunjungan ini juga dimaksudkan agar mahasiswa bisa mengetahui perkembangan terkini di industri media terutama penyiaran di era digital. Termasuk dengan hadirnya media sosial yang menjadi tantangan juga bagi industri televisi.

“Tantangan industri media saat ini tentu karena adanya media sosial yang seperti menjadi kiblat informasi saat ini. Industri media termasuk televisi tentu harus adaptif. Nah, ini yang kami ingin tahu bagaimana inovasi yang dilakukan iNews Makassar baik dari sisi redaksi maupun bisnisnya menghadapi persaingan dengan hadirnya banyak platform digital termasuk media sosial,” tuturnya. (rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *