Pilkada Bone 2024, KPU Pastikan Tanpa Calon Independen

Pencalonan kepala daerah jalur perseorangan atau biasa disebut independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Bone, provinsi Sulawesi Selatan dipastikan nihil. (ist)
banner 325x300

BONE, NALARMEDIA — Pencalonan kepala daerah jalur perseorangan atau biasa disebut independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Bone, provinsi Sulawesi Selatan dipastikan nihil.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Bone Koordiv Penyelenggaraan, Zainal.

banner 728x90

Zainal menjelaskan, tidak ada satupun calon perseorangan bupati dan wakil bupati Bone yang datang mendaftar atau menyerahkan dukungan di Kantor KPU Kabupaten Bone.

“Mulai pengumuman penyerahan dukungan calon perseorangan bupati dan wakil bupati Bone sejak 5 Mei 2024 hingga berakhirnya tahapan penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Minggu, 12 Mei 2024 pukul 23.59 Wita tak ada satupun tim maupun bakal calon perseorangan yang mendaftar
ataupun sekadar konsultasi di KPU Kabupaten Bone,” beber Zainal kepada awak media, Senin (13 Mei 2024).

Dengan berakhirnya tahapan penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Bone, kata Zainal maka dipastikan calon non partai di Pilkada Bone 2024, tidak ada.

Diketahui, calon bupati – wakil bupati yang akan maju jalur perseorangan di Pilkada Bone, wajib mengumpulkan dukungan KTP minimal 44.084 atau 7,5 persen dari total wajib pilih di Kabupaten Bone.

Selain itu, sebaran dukungan wajib 50 persen wilayah atau 14 kecamatan di Kabupaten Bone.

Hal itu mengacu pada total Daftar pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bone mencapai 587.777 jiwa pada Pemilu 2024 lalu. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *