Opini  

Pemimpin 5.0

Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, ST., M.Pd. (ist)
banner 325x300

PERKEMBANGAN teknologi di era industri 5.0 telah mengubah cara kerja dan budaya manusia.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat melahirkan berbagai alat yang memudahkan manusia berkomunikasi, belajar dan bekerja.

banner 728x90

Kemajuan teknologi berakibat pada gaya hidup manusia yang ingin serba cepat. Muncullah berbagai produk yang menawarkan kecepatan. Ciri pertama era sekarang adalah serba cepat.

Kemudahan manusia mengakses informasi membuat mereka bisa mendapatkan data yang lengkap tentang sesuatu.

Meskipun juga banyak beredar hoax. Jika manusia dapat mengolah dan mengelola dengan cermat dan kritis informasi yang berlimpah tersebut maka ia dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Tindakannya berdampak positif, dan menguntungkan dirinya dan orang lain. Jadi ciri kedua era masa kini yaitu ketepatan.

Era sekarang ditandai dengan berkembangnya media sosial yang tanpa hirarki. Siapa saja dapat saling berkomunikasi dan menyapa tanpa protokoler birokrasi. Media sosial telah melahirkan kehidupan manusia yang serba terhubung. Dampak positifnya manusia memiliki banyak teman dan sahabat. Itulah era media sosial yang tanpa hirarki dan kasta.

Membangun relasi dengan semangat bersahabat. Jadi ciri ketiga era masa kini yaitu bersahabat.

Kepedulian sosial, lingkungan, kemanusiaan dan keberlanjutan menjadi ciri era masa kini. Munculnya banyak relawan dan gerakan peduli lingkungan, penggalangan dana sosial dan kemanusiaan menjadi bukti nyata.

Kepekaan terhadap nilai-nilai dan etika juga menjadi ciri pada era sekarang. Pencarian kembali makna menuju kebahagiaan sejati dan hidup yang bermartabat. Jadi ciri keempat masa kini yaitu bermartabat.

Itulah era 5.0 yang memiliki empat ciri utama yaitu cepat, tepat, bersahabat dan bermartabat. Bisnis yang ingin terus eksis, tumbuh dan berkembang harus mampu memberi layanan dengan cepat, tepat dan bersahabat.

Juga bermartabat karena peduli pada lingkungan, kemanusiaan dan etika sesuai prinsip dan standar environmental, social, governance (ESG).

Demikian pula dengan kepemimpinan, dibutuhkan yang cepat, tepat, bersahabat dan bermartabat. Itulah pemimpin 5.0.

Ciri pemimpin 5.0 yang cepat yaitu tanggap dalam merespon keluhan customer eksternal maupun internal. Keluhan pengguna jasa atau pembeli produk dilihat sebagai masukan yang sangat berharga.

Keluhan dari karyawan didengarkan dengan baik dan direspon dengan cepat. Cepat dalam mengambil keputusan. Tentu saja keputusannya tidak sembrono tapi cermat dan tepat disertai eksekusi yang cepat dan tepat.

Pemimpin yang tepat memiliki ciri utama yaitu memiliki kecerdasan dan kompetensi personal, sosial dan profesional yang baik. Tantangan dan masalah semakin kompleks membutuhkan pemimpin handal yang mampu mengatasi masalah organisasi sesulit apapun.

Permasalahan yang semakin kompleks membutuhkan kecerdasan dan kemampuan berpikir yang kritis, kreatif, fleksibel, komprehensif, mendalam dan multi perspektif. Memiliki wawasan yang luas sehingga mampu melihat masalah secara menyeluruh.

Berani mencoba hal baru sebagai terobosan yang kreatif, inovatif dan adaptif.

Pemimpin juga harus memiliki kompetensi ‘pedagogik’ yang mampu mengembangkan diri sendiri dan timnya. Terus belajar hal baru dan mampu melatih, mendidik, mengajar, melakukan coaching dan menfasilitasi timnya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Membantu timnya agar mampu bekerja dengan baik. Menyiapkan timnya siap menjadi kader pelanjut kepemimpinan.

Pemimpin juga harus bersahabat. Dapat berempati dengan masalah timnya. Mendengarkan keluhan dengan penuh perhatian. Berbicara dengan hati-hati agar tidak menyinggung perasaan.

Perhatian dengan setiap anggota timnya. Bersikap ramah, sopan dan santun. Mudah berbicara secara personal. Tidak ada ketakutan tim untuk bertemu dengan pemimpinnya.

Musyawarah, open communication, build trust, empowering, menghargai prestasi. Memotivasi tim dengan visi, imaginasi, harapan dan impian.

Pemimpin juga harus bermartabat. Mendasari segala keputusan, sikap dan perilakunya pada nilai-nilai, etika dan peraturan. Peduli sosial, lingkungan, kemanusiaan dan keberlanjutan.

Memberi makna atas segala program, tindakan dan keputusannya demi kebahagiaan bersama, adil dan bijaksana. Serta niat mulia sebagai ibadah kepada Allah.

Semoga kita yang telah menjadi pemimpin dapat memiliki empat ciri pemimpin 5.0 yang cepat, tepat, bersahabat dan bermartabat.

Jika masih ada yang kurang, segera benahi diri agar tetap eksis di era 5.0. Bagi yang ingin jadi pemimpin, mari siapkan diri agar bisa menjadi pemimpin 5.0.

Bagi yang memilih pemimpin di level apapun, pilihlah yang cepat, tepat, bersahabat dan bermartabat. Seimbang intelektual, profesional, emosional, sosial dan spiritual. (Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, ST., M.Pd/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *